Taman Sari Gua Sunyaragi

Cirebon selama ini terkenal sebagai daerah dengan spot wisata sejarah yang melimpah. Salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon, peninggalan dari masa Kesultanan Cirebon yang hingga kini masih berdiri tegak.

gua sunyaragi cirebon

Beberapa tahun belakangan, minat wisatawan untuk mengunjungi Taman Sari Gua Sunyaragi semakin meningkat. Berkat pemugaran area taman dan pagelaran kesenian setiap tahunnya, tempat wisata di Cirebon ini kini tidak lagi tampak seperti tempat wisata yang terabaikan.

Gua Sunyaragi Cirebon ini berbeda dari gua biasanya karena tidak berada di dalam tanah melainkan di atas permukaan tanah. Sunyaragi masuk dalam komplek Keraton Pakungwati. Bentuknya mirip bangunan kuno berbatu dan memiliki beberapa ruangan yang sedikit hancur.

Taman yang memiliki deretan gua ini dulunya merupakan tempat bermeditasi bagi para pemuka kerajaan atau prajurit keraton. Keaslian bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa begitu murni hingga saat ini. Warga lokal juga sering menjadikan tempat wisata di Cirebon ini sebagai lokasi berburu foto.

Tempat ini pun sering dijadikan lokasi pagelaran musik, sendratari, hingga pembukaan Festival Keraton Nusantara yang dilaksanakan setahun sekali. Bahkan, baru-baru ini, pengelola juga meluncurkan wahana balon udara untuk menarik minat wisawatan agar semakin betah berkunjung ke sini.

Mitos Gua Sunyaragi

Ada mitos terkenal dari Gua ini. Konon jika ada gadis perawan yang menyentuh patung batu bernama Perawan Sunti ia akan sulit mendapatkan jodoh dan bahkan tidak akan pernah menikah seumur hidupnya. Tapi jika tidak sengaja menyentuh patung batu tersebut. Ada hal yang bisa dilakukan untuk menangkalnya yakni berjalan ke dalam Gua Kelanggengan yang dipercaya melanggengkan sesuatu termasuk urusan jodoh.

Bangunan ini memang tua dan sudah hancur sebagian tapi destinasi ini sangatlah instagenik. Anda bisa berfoto dengan bangunan tua tersebut dengan rumput hijau yang terawat.

Tertarik datang ke tempat wisata di Cirebon ini? Datang saja ke lokasinya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08:00-17:30. Dan kami Tomio rental mobil cirebon siap mengantarkan anda ke sana.

One thought on “Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *